SULAWESI BARAT

Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi yang dibentuk pada 5 Oktober 2004 ini berdasarkan Undang Undang No. 26 Tahun 2004. Ibu kotanya ialah Mamuju. Luas wilayahnya sekitar 16,796.19 km². Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%). Sulawesi Barat dikenal memiliki banyak objek lokasi wisata. Selain kakao, daerah ini juga penghasil kopi robusta ataupun kopi arabikakelapa dan cengkeh. Di sektor pertambangan terdapat kandungan emasbatubara dan minyak bumi. Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri atas 5 (lima) Kabupaten.

 

Perguruan Tinggi aktif berdasarkan data PD-DIKTI terdapat 3 PTN, 25 PTS, jumlah dosen terdata 536 orang, mahasiswa terdata aktif 20653. Potensi kemaritiman sangat berpeluang dikembangkan dengan pendekatan hilirisasi hasil-hasil riset dari Perguruan Tinggi yang sejalan dengan Pemerinthan dan dukungan Industri.

Keindaahan alam yang natural juga merupakan daya tarik  tersendiri untuk mengunjungi daerah ini, obyek wisata alami dan natural sangat mudah dijumpai dan dikunjungi. Demikian juga dengan pilihan kuliner tradisional yang menggugah selerah dengan cita rasa unik. Keramahan masyarakat juga sangat mendukung untuk pengunjung menikmati keindahaan alam, kuliner, budaya, daerah Mandar.